Kur dan Pemb

Kurikulum dan Pembelajaran

KURIKULUM SMP MUHAMMADIYAH 13 SURABAYA

Kurikulum merupakan panduan untuk teselenggaranya proses pendidikan di sekolah secara tersetandar. Sehingga  praktis keberhasilan pendidikan yang terjadi di lapangan amat bergantung pada kurikulum yang dipergunakan, karena fungsi kurikulum dalam pelaksanan adalah langkah-langkah strategis dalam mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum yang memadai atau yang sesuai dan tidak tertinggal dengan dinamika masyarakat  dalam pelaksanaan dilapangan dapat berlangsung secara sistematis dan terukur, untuk mencapai tujuan tertentu.

Kurikulum pada sebuah institusi pendidikan adalah hal yang subtansial, artinya keberadannya sangat penting dan amat berpengaruh terhadap terselengga-ranya tujuan pendidikan. Maka sekolah dalam menerapkan kurikukulum yang di-pergunakan harus benar-benar tepat, sesuai dengan potensi yang ada. SMP Muhammadiyah 13 Surabaya menggunakan kurikulum 2013 plus yang artinya kurikulum yang digunakan merupakan Kurikulum 13 yang berlaku secara nasioanl serta tambahan kurikulum dari Muhammadiyah.

1. Kurikulum 2013

Pengembangan Kurikulum 2013 yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

Struktur kurikulum terdiri atas tiga  komponen, yaitu komponen mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.

A.  Komponen mata pelajaran dikelompokkan sebagai berikut :

  1. Kelompok mata pelajaran  agama dan akhlak mulia.
  2. Kelompok mata pelajaran  Kewarganegaraan dan kepribadian.
  3. Kelompok mata pelajaran  Ilmu Pengetahuan dan teknologi
  4. Kelompok mata pelajaran  Estetika
  5. Kelompok mata pelajaran  Jasmani, olahraga dan Kesehatan.

 

 

 

 

 

                        Struktur Kurikulum 2013  Mata Pelajaran SMP Muhammadiyah 13

MATA PELAJARAN

VII

VIII

IX

Kelompok A

 

 

 

1.

Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

3

3

3

2.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

3

3

3.

Bahasa Indonesia

6

6

6

4.

Matematika  

5

5

5

5.

Ilmu Pengetahuan Alam 

5

5

5

6.

Ilmu Pengetahuan Sosial

4

4

4

7.

Bahasa Inggris

4

4

4

Kelompok B

 

1.

Seni Budaya

3

3

3

2.

Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

3

3

3

3.

Prakarya

2

2

2

Muatan Lokal

 

 

 

4.

Bahasa Jawa

2

2

2

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

40

40

40

 

 

 

 

 

 

                1. Program Muatan Lokal

            Bahasa Jawa

Sesuai  dengan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah sebagai Muatan lokal wajib disekolah/ Madrasah,maka SMP Muhammadiyah 13 menggunakan bahasa daerah,bahasa Jawa sebagai muatan lokal.Strategi pelaksanaan muatan lokal sebagai mata pelajaran yang berdiri sendiri, yaitu muatan lokal yang diselenggarakan tersendiri dan diberi alokasi waktu 2 jam pelajaran.

C. Pengembangan Diri

Pengembangan diri merupakan sebuah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sekolah. Program ini merupakan bagian yang menyatu dengan kurikulum sekolah Program ini diperlukan untuk membentuk karakter dan kepribadian siswa. Pengembangan diri meliputi kegiatan rutin terstruktur dan kegiatan rutin terprogram.

            I. Kegiatan rutin terstruktur

            1. Ngaji morning  yang berupa kegiatan Tahfidzul Quran dilaksankan diawal KBM

2. Sholat dhuha dillaksanakan sebelum istirahat dengan kegiatan pembinaan retorika atau kultum

            3. Praktek sholat yang dilaksanakan setiap hari setelah sholat dhuha

            4. Sholat dhuhur dan ashar berjamaah

5. BTQ (Baca Tulis Quran) kegiatan yang terwadah dalam TPQ Spemgalas dilaksankan setelah KBM berakhir  dalam kelompok-kelompok kecil (maksimal 15 siswa) yang terbagi dalam kelas Tahfidz, kelas A(Al Quran), kelas B (Al Quan dengan pendampingan dan bimbingan), kelas C (pengenalan membaca Al Qura dengan pendampingan dan bimbingan). Kegiatan BTQ didampingi oleh para ustadz, ustadzah yang tersertifikasi Al Quran

Kegiatan pengembangan diri yang dilaksankan secara terprogram antara

  1. Mabit  (Malam bina iman dan intelektual)
  2. Factory Visit
  3. Study Excursion
  4. Upacara Bendera
  5. LDK
  6.  KTS
  7. Sedekah Jumat
  8. Pengajian Keliling
  9. Super Camp
  10. Training Motivasi,
  11. Bakti Sosial
  12. Syiar keagamaan (BBM/Bersih Bersih Masjid, Darling/(tadarus keliling), Takjil on the road, safari jingga/takjil tetangga)
  13. Klinik siswa (Klinik Ibadah,Klinik konseling dan klinik akademis)

II. Kegiatan Rutin Terprogram

            Kegiatan rutin terprogram meliputi kegiatan ekstrakurikuler wajib, pilihan ataupun mandiri.

  1. Ekskul wajib meliputi tapak suci dan HW dilaksanakan terjadwal dalam KBM
  2. Ekskul mandiri yaitu Cinematopgraphy dilaksankan sesui dengan jadwal dari  pendamping
  3. Ekskul Pilihan meliputi
  1. Qiroah
  2. Panahan
  3. Teater
  4. Karate
  5. Futsal
  6. Band
  7. Math Club
  8. Sains Club
  9. English Club
  10. Jurnalistik

Pelaksanaan ekskul pilihan dilaksanakan Senin s.d Jumat sesuai dengan jadwal dari pelatih masing-masing

 

2. Kurikulum Muhammadiyah (Ismuba yang meliputi Al Islam,Kemuhammadiyaan dan Bahasa Arab)

            SMP Muhammadiyah 13 sebagai salah satu sekolah yang berbasis agama Islam akan terus berusaha meningkatkan kualitas peserta didik khususnya dari segi agama dan akhlak. Penggunaan kurikulum 2013 yang dipadukan dengan kurikulum Muhammadiyah diharapkan mampu membentuk generasi muslim yang kaffah.  Brand Pondok Karakter  yang dimiliki memang sengaja dicanangkan untuk menjadikan para peserta didik menjadi generasi muda islam yang berbudi luhur, beriman, dan berakhlak mulia.

            Bila input siswa dengan nilai rendah akan cukup menyulitkan bila peserta didik harus dikembangkan melalui jalur akademis, oleh karena itu Pondok Karakter menjadi bagian terpenting bagi sekolah untuk mewujudkan peserta didik yang berkualitas dari segi karakter. Hafalan Al Quran setiap pagi, sholat dhuha dulu sebelum istirahat, sholat dhuhur berjamaah, mengucapkan salam bila masuk atau keluar ruangan, memberi salam bila bertemu siapapun merupakan bagian dari kegiatan pembiasaan diri yang selalu ditekankan untuk dilakukan siswa. Pelayanan prima dengan siap melayani kebutuhan siswa baik di dalam maupun di luar sekolah untuk memecahkan masalah juga menjadi tugas dari Pondok Karakter.

            Muhammadiyah mengharapkan seluruh Lembaga pendidikannya menerapkan sistem Pendidikan islam modern  yaitu sistem pendidikan Islam yang integratif-holistik, berupa sekolah umum yang mengintegrasikan ilmu-ilmu agama Islam, dan madrasah yang mengintegrasikan ilmu-ilmu umum. Sistem pendidikan ini memiliki ciri utama, yaitu diajarkan ilmu agama Islam dan bahasa Arab, dan dalam perkembangannya diajarkan pula mata pelajaran kemuhammadiyahan. Ketiga mata pelajaran ini, yaitu Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab lazim disebut Ismuba bagi sekolah dan madrasah Muhammadiyah merupakan ciri khusus dan keunggulan

            Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan muhammadiyah dengan memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta harapan masyarakat, maka pendidikan Ismuba di sekolah dan madrasah Muhammadiyah tersebut, dipandang perlu adanya pengembangan kurikulum Ismuba, yang mencakup konsep dan prinsip-prinsip pembelajaran dan penilaian pendidikan Ismuba, standar kompetensi lulusan, standar isi, struktur kurikulum, dan beban belajar.

 

 

 

            Tujuan Pengembangan Kurikulum Ismuba Kurikulum Ismuba ini disusun dan dikembangkan dengan tujuan

1. Menjadi standar mutu pengelolaan pendidikan pada sekolah Muhammadiyah.

2. Menjadi acuan operasional bagi kepala sekolah dan guru dalam menyusun dan mengelola kurikulum pada tingkat satuan pendidikan secara optimal.

 3. Menjadi acuan operasional bagi Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dalam melakukan koordinasi dan supervisi penyusunan dan pengelolaan kurikulum di setiap satuan pendidikan

                             Struktur Kurikulum  Ismuba SMP Muhammadiyah 13

MATA PELAJARAN

VII

VIII

IX

1.

Al-Qur’an (Tahsin Tilawah, Tahfidz)

3

3

3

2.

Pendidikan Kemuhammadiyaah

1

1

1

3.

Pendidikan Bahasa Arab

2

2

2

Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu

6

6

6

 

3. Kurikulum Keterbakatan

            Tahun Pelajaran 2021-2022 SMP Muhammadiyah mencoba untuk memodifikasi kurikulum sesuai kebutuhan siswa, akhirnya pada awal semester 2 tahun 2022 dibentuklah kelas talent yang bertujuan untuk mewadahi minat dan bakat siswa terhadap materi atau bidang tertentu. Terdapat 9 kelas yang bisa dipilih siswa untuk dapat mengeksplor bakat atau minatnya.

1) Kelas Ecophreneur

Kelas yang mengajarkan siswa untuk tertib dan berbudaya lingkungan. Kegiatan ecophreneur adalah kegiatan wirausaha yang berinovasi dalam menciptakan produk ramah lingkungan, serta memanfaatkan bahan limbah menjadi bahan yang bernilai guna dan bernilai jual. Dalam 3 bulan pelaksanaan kelas talent hingga Maret 2022, siswa telah menghasilkan 2 produk ramah lingkungan yaitu Stik Kelor dan Lilin Aroma Terapi berbahan minyak sisa pakai atau jelantah 

            

                                            Camilan Sehat “Stik Kelor”

                                 

                                             Lilin Aroma Terapi

 

2) Kelas Barber

Kelas yang mengutamakan keterampilan jasa pangkas rambut. Siswa yang memiliki keterampilan pangkas rambut dapat bergabung di kelas ini, selain memahami Teknik menyukur rambut yang benar siswa juga diajarkan merawat rambut yang tepat.

3) Kelas IT

Kelas yang mengenalkan dan mengembangkan keterampilan IT. Siswa diberi materi terkait penggunaan IT yang dapat menunjang Pendidikan siswa  misalnya Ms Word, Ms Excel, PPT dan penggunaa IT untuk sosial media marketing dan bersosial media santun.

4) Kelas Jurnalistik

Kelas yang mengarahkan siswa akrab dengan media, baik dari materi penulisan berita, fotografi maupun videografi. Siswa dibina untuk mengelola media-media informasi, khusunya media informasi sekolah antara lain majalah sekolah dan sosial media sekolah (youtube,ig,fb,website)

5) Kelas Tahfidz dan Tartil

Kelas yang mengembangkan kemampuan seni membaca Al Quran. Siswa yang memiliki bakat dan terampil dalam membaca Al Quran dengan fasih akan dilatih untuk kegiatan membaca Al Quran dengan nada yang indah tentunya makraj dan tajwid yang tepat. Siswa dari kelas ini dalam 3 bulan sudah terbiasa  untuk tampil dalam kegiatan-kegiatan sekolah.

6) Kelas Public Speaking

Kelas yang mengandalkan keterampilan untuk berbicara menjadi pilihan banyak siswa. Kegiatan berkominikasi di depan khalayak dengan baik menjadi sasaran dalam program kelas public Speaking, siswa dilatih menjadi MC, Pembaca Berita, Moderator dan juga reporter. Setiap kegiatan yang membutuhkan pemandu, siswa kelas ini sudah siap untuk tampil.

7) Kelas Seni

Seni musik, seni rupa, dan seni tari menjadi  materi yang dijarkan dalam kelas seni. Siswa akan diasah untuk terampil dalam bakat seni yang mereka miliki.

8) Kelas E Sport

Kelas yang sangat diminati oleh siswa, khususnya siswa putra. Kelas yang membantu mengembangkan keterampilan siswa dalam game yang  nantinya akan diarhkan pada prestasi.

9) Kelas Sharing and Caring

Kelas yang diperuntukkan bagi para siswa yang maih belum bisa mengenali dan memilih bakat atau minat yang ingin mereka kembangkan. Kelas ini akan membina dan mendampingi siswa untuk menemukan passionnya. Program akhir dari kelas ini adalah menyalurkan siswa di kelas-kelas talent yang lain

4. Kurikulum Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pekan lalu telah meluncurkan Kurikulum Merdeka pada Jumat (11/2/2022) lalu Kurikulum Merdeka merupakan nama baru dari Kurikulum Prototipe yang sudah sempat diujicobakan di 2.500 sekolah. Namun demikian tahun ini, Kurikulum Merdeka akan mulai diluncurkan di sekolah selain sekolah penggerak. SMP Muhammadiyah di tahun pelajaran 2022-2023 juga akan mulai menerapkan Kurikulum Merdeka, karena kurikulum keterbakatan yang telah dijalankan di awal Januari 2022 sesuai dengan filosofi kurikulum merdeka yang dicanangkan oleh kemendikbud.yaitu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sesuai dengan bakat dan minatnya.

Filosofi Kurikulum Merdeka sangat sejalan dengan pendekatan pembelajaran yang selama ini dilakukan di SMP Muhamadiyah 13. Siswa diberi peluang untuk mengembangkan bakat dan minat dengan memilih kelas talent yang sesuai dengan passion mereka. Keberadaan beberapa guru penggerak di SMP Muhammadiyah 13 akan membantu mengaplikasikan penerapan kurikulum merdeka yang akan diterapkan di tahun pelajaran 2022-2023.

2022 © All Rights Reserved Design By   Faris Rizqilail